5 Keluarga Terkaya di Dunia, Nomor 1 Punya Harta Rp3.475 T


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Ada sebagian orang di dunia yang memiliki kekayaan turun temurun hingga ke anak cucu. Bahkan saking kayanya, mereka menciptakan dinasti yang menghasilkan harta hingga ribuan triliun rupiah.

Bisnis keluarga yang sukses menyiratkan nilai-nilai warisan, garis keturunan yang berkualitas. Selain itu, keluarga kaya juga menunjukkan nilai royalti, terutama jika kekayaan tersebut bersifat antar generasi.

Berdasarkan data dari Investopedia, keluarga Walton adalah keluarga terkaya di dunia berkat kepemilikan besar mereka di Walmart, perusahaan ritel terbesar di dunia. Mereka mengakumulasi kekayaan sebesar US$224,5 miliar atau setara Rp 3.475 triliun.

Lebih rinci, berikut daftar 5 orang terkaya di dunia versi Investopedia per September 2023:

1. Keluarga Walton

Perkiraan Kekayaan: US$ 22,45 miliar atau Rp3.475 triliun.
Perusahaan: Walmart

Keluarga Walton adalah keluarga terkaya di dunia. Jim, Rob, dan Alice Walton masing-masing memiliki kekayaan sekitar $58 miliar dan masing-masing berada di peringkat No. 19, 20, dan 21, dalam daftar miliarder Forbes per 20 September 2023.

Walmart adalah raksasa ritel. Didirikan oleh Sam Walton di Arkansas pada tahun 1962, Walmart adalah perusahaan terbesar di dunia berdasarkan pendapatan pada tahun 2022, dengan pendapatan $611 miliar dan lebih dari 2,1 juta rekanan global.

Jika karyawan Walmart membentuk kota mereka sendiri, maka kota tersebut akan menjadi kota terpadat kelima di Amerika. Perusahaan ini mengoperasikan lebih dari 10.500 toko ritel di seluruh dunia dan 5.215 toko di AS pada 31 Juli 2023.

2. Keluarga Mars

Perkiraan Kekayaan: US$ 160 miliar atau Rp2.476 triliun
Perusahaan: Mars

Mars merupakan keluarga multigenerasi yang telah menjalankan bisnis cemilan dan permen. Produknya tersebar secara global dan sangat populer.

Saat ini, perusahaan tersebut lebih dikenal karena membuat produk M&M daripada untuk bar Mars. Pada tahun 2017, perusahaan permen terbesar di dunia itu melakukan diversifikasi dengan membeli sebuah perusahaan perawatan hewan peliharaan seharga US$ 9,1 miliar.

Saudara kandung Jacqueline dan John Mars, yang kakeknya, Frank Mars, mendirikan perusahaan tersebut, masing-masing memiliki kekayaan bersih $38,3 miliar dan berada di urutan ke-31 dalam daftar miliarder Forbes per 20 September 2023. Perusahaan tersebut kini dijalankan oleh beberapa anak mereka, generasi keempat dari anggota keluarga Mars.

3. Keluarga Koch

Perkiraan Kekayaan: US$ 128,8 miliar atau Rp1,993 triliun
Perusahaan: Koch Industries

Charles Koch merupakan salah satu orang terkaya di dunia berkat bisnis minyak yang didirikan oleh ayahnya. Namun sekarang ia mungkin lebih dikenal masyarakat umum karena dirinya yang mulai terjun di dunia politik.

Charles bermitra dengan saudaranya David hingga kematiannya pada tahun 2019. Charles memiliki kekayaan sekitar $54 miliar, berada di peringkat No. 17 dalam daftar miliarder Forbes, sementara Janda David, Julia Koch, dan keluarganya, berada di peringkat No. 18 dengan kekayaan bersih. senilai $59 miliar pada 20 September 2023.

4. Al Saud

Perkiraan Kekayaan: US$ 105 miliar atau Rp 1.625 triliun
Perusahaan: Keluarga Kerajaan Saudi

Keluarga kerajaan Saudi memiliki sejarah monarki yang membentang hampir satu abad. Kekayaan keluarga tersebut diperkirakan mencapai US$ 100 miliar dan terus tumbuh berkat pembayaran puluhan tahun dari Royal Diwan, kantor eksekutif raja.

Selain itu keluarga ini juga memiliki hubungan dengan Saudi Aramco, perusahaan raksasa industri minyak paling menguntungkan di dunia. Hal ini tentunya dapat memastikan keluarga kerajaan Saudi untuk terus mengumpulkan kekayaan.

Sulit untuk secara akurat menilai kekayaan keluarga Kerajaan Saudi ini sebagian karena keluarga tersebut berisi sebanyak 15.000 anggota tambahan dan banyak di antaranya telah mendirikan bisnis, menerima kontrak pemerintah, dan banyak lagi.

5.Keluarga Herms

Perkiraan Kekayaan: US$ 94,6 miliar atau Rp1.464 triliun
Perusahaan: Herms

Rumah mode Prancis dan pemasok barang mewah Herm├Ęs telah memukau dunia dengan syal, dasi, dan parfum khasnya, serta tas tangan Kelly dan Birkin yang ikonik. Bahkan sejak abad ke-19, pakaian berkuda Thierry Herms dibuat untuk busana kerjaan.

Menggabungkan teknologi lama dan teknologi baru, perusahaan ini berhasil menjual Jam Tangan Apple Herms seharga US$1.299 ke atas. Axel Dumas saat ini menjabat sebagai CEO dan ketua perusahaan, dan Pierre-Alexis Dumas adalah direktur artistik.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Harta Bos Induk Shopee Lenyap Rp 2,4 T Semalam, Kenapa?

(Mentari Puspadini/ayh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts