AgenBRILink Catat Volume Transaksi Rp1,4 Kuadriliun Selama 2023


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia Kebutuhan finansial bagi masyarakat di area pelosok Indonesia semakin tinggi seiring pemerataan dan inklusi yang menjadi tujuan bersama. Sebab itu peran agen bank semakin signifikan dalam menyediakan akses dan layanan keuangan formal bagi nasabahnya.

Kenyataan tersebut menjadi tanggung jawab bagi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melalui kehadiran AgenBRILink di seluruh penjuru negeri terutama daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Tak ayal, selama tahun 2023, tercatat peningkatan signifikan baik dari jumlah agen maupun volume transaksi.

Sebagai gambaran, mengawali 2023, AgenBRILink berjumlah lebih dari 627 ribu agen, sampai pada akhir Desember 2023 jumlah AgenBRILink menjadi lebih dari 740 ribu agen. Artinya ada lebih dari 100 ribu agen baru bertambah selama 2023.

Jumlah ini juga melampaui target yang telah ditetapkan BRI pada awal tahun. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama BRI Sunarso yang menargetkan penambahan jumlah AgenBRILink sebanyak 25 ribu agen di akhir 2023. Kenyataannya, jumlah agen bertambah 5 kali lipat dari yang ditargetkan.

Pencapaian ini juga terwujud dalam volume transaksi AgenBRILink selama 2023. Sebanyak lebih dari Rp 1,4 Kuadriliun atau tepatnya Rp 1.427 triliun terjadi selama periode ini. Meningkat lebih banyak dari periode tahun 2022 yakni Rp 1,3 kuadriliun.

“Angka fantastis ini menunjukkan komitmen BRI dalam mengakselerasi akses produk perbankan di masyarakat. Di sisi lain, hal ini juga menunjukkan pemerataan transformasi keuangan bagi masyarakat daerah karena proses bisnis di AgenBRILink adalah hybrid atau cenderung digital,” kata Sunarso dalam siaran pers, Jumat (12/1/2024).

Dia menambahkan, Hybrid bank atau perpaduan pengembangan digitalisasi di perbankan sambil terus menyediakan layanan konvensional menjadi strategi BRI. Mengingat, fokus BRI yang membidik sektor informal hingga usaha mikro melalui Holding Ultra Mikro.

Strategi ini dianggap Sunarso sebagai keberhasilan untuk meningkatkan akses masyarakat di daerah terhadap produk perbankan.  Kedepannya, BRI dan BRI group bisa membuka peluang baru bagi produk lainnya selain dari tabungan.

“Maka kita kembangkan hybrid bank, kita digitalkan core-nya, ekosistemnya kita rangkai secara digital, dan digital proposition-nya kita perkuat,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaannya, AgenBRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur. Hadirnya AgenBRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan. Fitur-fitur yang dapat dinikmati meliputi pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.

Belum lagi adanya pengembangan fitur AgenBRILink sebagai wujud memaksimalkan layanan untuk seluruh kebutuhan masyarakat. Kini melalui AgenBRILink, masyarakat sudah bisa melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher games, serta melayani kebutuhan perjalanan dengan layanan pembelian tiket bus, shuttle dan ferry.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Likuiditas Kuat, BRI Pede Genjot Kredit

(rah/rah)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts