BREN Bantah Akuisisi ARCI, Manajemen Buka Suara


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) membantah terkait pemberitaan yang beredar bahwa perusahaan milik Prajogo Pangestu ini akan mengakuisisi PT Archi Indonesia Tbk. (ARCI). Hal itu sekaligus menjawab pertanyaan bursa terkait isu yang beredar di kalangan pelaku pasar.

“Dengan ini perusahaan menyampaikan bahwa isu tersebut tidak benar,” tulis manajemen, Kamis (7/12).

Manajemen menegaskan, perusahaan sampai saat ini tidak memiliki rencana terkait akusisi saham ARCI dan perusahaan tidak ikut serta dalam proses bidding seperti yang disampaikan dalam berita yang beredar.

Sebagai informasi, per 30 September 2023, BREN mencatat lab BREN juga membukukan kinerja yang impresif sepanjang periode Januari-September 2023. Laba bersih BREN naik 12,4% (yoy) menjadi US$ 84,47 juta.

Kenaikan laba bersih ini sejalan dengan kenaikan pendapatan. BREN membukukan pendapatan senilai US$ 445,27 juta atau naik 5,13% (yoy) dari US$ 423,51 juta per kuartal III-2022.

Adapun valuasi BREN saat ini sudah tergolong super premium, di mana PER BREN saat ini mencapai 529,24 kali. Artinya, saham BREN sudah super mahal, karena sudah berada jauh di atas PER rata-rata industri yang mencapai 119,36 kali.

Sedangkan dari PBV BREN yang menyentuh angka ekstrem 233,46 kali, juga menunjukkan valuasi pasar emiten ini sudah kadung menyentuh ‘atap langit’. Adapun PBV rata-rata industri mencapai 48,34 kali.

Meski begitu, BREN yang sudah super premium masih cenderung dilirik karena prospeknya yang masih menarik akibat industri EBT.

Prospek EBT sendiri sejatinya cenderung positif karena pemerintah saat ini berupaya untuk mengurangi ketergantungan akan energi fosil dan upaya untuk mengurangi perubahan iklim yang sudah ekstrim.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


ARA Lagi, BREN Udah Naik 340%! Bakal Ditegur Bursa?

(rob/ayh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts