Dilantik Jokowi Jadi Hakim MK, Segini Harta Ridwan Mansyur


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru, yaitu Ridwan Mansyur, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/12/2023). Upacara pelantikan dilakukan dengan pengambilan sumpah.

Melansir laman MK, jabatan Ridwan sebagai hakim dimulai pada Pengadilan Negeri Muara Enim pada tahun 1989. Pada tahun 1998, ia beralih tugas menjadi hakim pada Pengadilan Negeri Cibinong.

Ridwan pernah menjabat sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas MA. Selain itu pada 2020, Ia dipromosikan menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Semarang, hingga menjadi Panitera Mahkamah Agung.

Seiring dengan jabatan baru Ridwan, harta kekayaan dirinya pun menjadi sorotan. Berdasarkan Laporan Harta kekayaan Pejabat Negara (LHPKN) 2022, Ridwan memiliki harta Rp 5,05 miliar, setelah dikurangi utang Rp 201,3 juta. 

Sebanyak Rp 2,98 miliar hartanya terdiri dari tanah dan bagunan yang tersebar di Jawa Barat dan Sumatra Selatan. Tanah dan bangunan tertinggi senilai Rp 1,1 miliar berada di Bogor, Jawa Barat. 

Ridwan dalam LHKPN 2022 melaporkan alat transportas senilai Rp 200 juta berupa mobil Toyota Fortuner 2017. Selain itu dia juga tercatat memiliki harta bergerak lain senilai Rp 890 juta. 

Hakim MK baru ini juga tercatat memiliki kas dan setara kas senilai Rp 1,18 miliar.

Bila dibandingkan dengan 2021, harta kekayaan Ridwan naik 35,97% dari sebelumnya Rp 3,71 miliar. Secara persentase, kenaikan tertinggi harta Ridwan berupa kas dan setara kas, di mana naik lebih dari dua kali lipat.

[Gambas:Video CNBC]

(mkh/mkh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts