Erick Thohir Angkat Menantu Luhut Pandjaitan Jadi Komut Pindad


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Komisaris Utama PT Pindad menggantikan Jenderal TNI (Purn.) Dudung Abdurachman.

Adapun penunjukkan tersebut ditandai dengan penyerahan Salinan Surat Keputusan Menteri BUMN dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Len Industri Selaku Para Pemegang Saham PT Pindad pada Senin, 22 Januari 2024 di Auditorium PT Pindad Bandung.

“Memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI (Purn.) Dudung Abdurachman sebagai Komisaris Utama dan mengangkat Komisaris Utama PT Pindad yang baru, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Serta memberhentikan dengan hormat Jaleswari Pramodhawardani sebagai Komisaris PT Pindad,” tulis keterangan Menteri BUMN, Senin (22/1).

“Selamat atas dilantiknya Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Komisaris Utama PT Pindad dan mengucapkan terima kasih atas segala sumbangsih yang diberikan Jenderal TNI (Purn.) Dudung Abdurachman selama dua tahun menjadi Komisaris Utama PT Pindad,” kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Kartika mengungkapkan, BUMN di Indonesia didesain sebagai agen pembangunan di berbagai sektor yang menghasilkan laba baik. Dalam konteks pengembangan, BUMN bersama dengan pemerintah bisa membangun kapabilitas pengembangan industri pertahanan jangka panjang bukan hanya produk hilirnya tetapi juga sampai ke hulu.

Mengutip detikcom, Maruli Simanjuntak, M.Sc. adalah seorang Abituren Akademi Militer (Akmil) tahun 1992. Maruli lahir pada tanggal 27 Februari 1970 di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Maruli merupakan anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan Batak yang merantau ke Jawa. Ayahnya berprofesi sebagai guru dan ibunya seorang perawat.

Sejak awal karier, Maruli pernah dipercaya memegang sejumlah jabatan strategis di Korps Baret Merah. Di antaranya yaitu, Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopassus, Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus).

Maruli juga dipercaya sebagai Wakil Komandan Grup 1 Kopassus. Dia lalu dipercaya mengisi posisi sebagai Komandan Grup 2 Kopassus sampai tahun 2014. Di tahun yang sama, Maruli dipercaya menjadi Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sampai tahun 2016.

Pada tahun 2016, Maruli mengemban jabatan sebagai Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama. Saat menjabat Danrem 074, Maruli meraih Penghargaan sebagai Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional tahun 2016.

Pada tahun 2017 hingga 2018, Maruli kemudian ditunjuk untuk menduduki jabatan sebagai Wakil Komandan Paspampres. Satu tahun berikutnya, Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro.

Selanjutnya, sosok Maruli Simanjuntak mendapatkan promosi menjabat sebagai Komandan Paspampres dan berlanjut memegang tongkat komando sebagai Pangdam IX/Udayana. Maruli mulai menjabat sebagai Pangkostrad pada awal tahun 2022 lalu.

Kini, usai dilantik oleh Presiden Jokowi pada tanggal 29 November 2023, Maruli Simanjuntak telah resmi menjabat sebagai KSAD baru, menggantikan Jenderal Agus Subiyanto, yang kini menjadi Panglima TNI. Maruli kini juga resmi menyandang pangkat sebagai Jenderal TNI.

Berikut riwayat jabatan yang pernah diemban Maruli Simanjuntak:
– Komandan Grup A Paspampres (2014-2016)
– Danrem 074/Warastratama Solo (2016-2017)
– Wakil Danpaspampres (2017-2018)
– Danpaspampres (2018-2020)
– Pangdam IX/Udayana (2020)
– Pangkostrad (2022)
– KSAD (2023)

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Erick Usul 3 Poin di RUU BUMN, PMN hingga Sanksi Direksi

(ayh/ayh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts