Intip Harta Kekayaan Capres & Cawapres RI 2024, Siapa Paling Tajir?

Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan diselenggarakan pada bulan Februari 2024. Tiga nama pasangan calon presiden di panggung politik nasional, terdiri dari Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Ketiganya memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Diketahui, Pasangan pertama adalah Ganjar Pranowo, Mantan Gubernur Jawa Tengah, dan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (MenkoPolhukam).

Selanjutnya, eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin juga menyatukan langkah mereka untuk mencalonkan diri.

Dan terbaru, Ketua Umum Partai Gerindra, dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka, putra dari Presiden Joko Widodo dalam kontestasi politik di Indonesia.

Pilpres 2024 diprediksi akan menjadi pertarungan sengit antara tiga pasangan calon ini. Pemilih diharapkan untuk mempertimbangkan visi, program, dan rekam jejak masing-masing pasangan dalam menentukan masa depan negara.

Salah satu latar belakang yang menarik untuk diperhatikan adalah harta kekayaan ketiga bakal pasangan calon (paslon) Capres-cawapres tersebut. Sebagai pejabat, ketiganya berkewajiban untuk melaporkan harta kekayaan di layanan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik KPK.

Bila merujuk pada laporan LHKPN terbaru, berikut merupakan rangkuman harta kekayaan masing-masing pasangan capres-cawapres 2024:

Ganjar Pranowo – Mahfud MD

Ganjar sendiri adalah seorang politisi tulen. Ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Sebelumnya, pada Pemilu 2004, ia sempat menjadi Anggota Komisi IV DPR RI.

Dikutip dari LHKPN per 30 Marert 2023, total harta kekayaan Ganjar tercatat sebesar Rp 13,45 miliar.

Sementara Mahfud MD adalah seorang politikus dan mantan hakim konstitusi Indonesia. Terbaru, ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (MenkoPolhukam) di Kabinet Indonesia Maju besutan Presiden Jokowi.

Mengutip laporan e-lhkpn KPK 31 Maret 2023/Periodik – 2022, Menko Polhukam itu tercatat memiliki total kekayaan dengan nilai Rp 29,54 miliar.

Dengan begitu, bila harta keduanya diganung, kekayaan Ganjar-Mahfud MD berjumlah Rp 43,99 miliar.

Anies Baswedan – Cak Imin

Anies Baswedan adalah seorang politisi dan mantan Gubernur DKI Jakarta. Sebelum terlibat dalam politik, dia memiliki latar belakang pendidikan yang kuat.

Anies Baswedan memiliki pengalaman sebagai seorang akademisi dan peneliti di berbagai universitas, termasuk Universitas Paramadina. Bahkan, ia pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina sebelum terjun ke dunia politik.

Menurut data e-lhkpn per 9 Februari 2023 total harta kekayaan eks Gubernur DKI Jakarta itu sepanjang 2022 mencapai Rp11,19 miliar.

Sementara itu, Cak Imin dikenal lebih sebagai seorang politisi dan pemimpin partai politik PKB. Dia telah memiliki sejarah panjang di dunia politik Indonesia, termasuk sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam pemerintahan (Kemenakertrans).

Mengutip situs laporan e-lhkpn periodik 2022, Cak Imin memiliki total harta sebesar Rp 27,28 miliar.

Dengan begitu, dengan menambahkan harta kekayaan Anies dan Cak Imin yang masing-masing sebesar Rp11,19 miliar dan Rp 27,28 miliar, total harta kekayaan keduanya bisa mencapai Rp38,47 miliar.

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming

Prabowo Subianto dikenal sebagai seorang politisi dan mantan perwira militer di Indonesia. Belakangan, ia bergabung bersama Kabinet Indonesia Maju menjadi Menteri Pertahanan Indonesia.

Prabowo Subianto menjadi bacapres terkaya dengan total harta kekayaan Rp2,04 triliun hingga 2022, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 31 Maret 2023.

Apabila dikurangi dengan hutang Rp8 miliar, harta kekayaan bacapres partai Gerindra itu mencapai Rp2,03 triliun.

Di sisi lain, Gibran Rakabuming Raka sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Solo. Sebelum terlibat dalam dunia politik, dia terlibat dalam berbagai bidang bisnis, terutama di sektor kuliner dengan brand Markobar, Chilli Pari dan sebagainya.

Berdasarkan laman Pengumuman Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Gibran Rakabuming Raka memiliki total kekayaan sebesar Rp 26,03 miliar, per 31 Januari 2023.

Bila menilik dari LHKPN terbaru tersebut, total harta Prabowo adalah Rp2,04 triliun, sementara Gibran Rp 26,03 miliar. Bila digabungkan, total harta kekayaan Prabowo-Gibran mencapai Rp2,42 triliun.

Maka jika penjabaran di atas dibandingkan, pasangan capres-cawapres terkaya dimenangkan oleh Prabowo-Gibran dengan harta Rp2,42 triliun. Hal ini diikuti pasangan Ganjar-Mahfud MD sejumlah Rp 43,99 miliar. Dan Capres-Cawapres yang hartanya paling sedikit adalah anies-Cak Imin dengan capaian Rp38,47 miliar.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Mahfud MD Makin Dekat Jadi Cawapres Ganjar, Segini Hartanya

(fsd/fsd)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts