Jeff Bezos Mau Jual Rp 133 Triliun Saham Amazon, Buat Apa?


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Pendiri Amazon Jeff Bezos mengungkapkan akan menjual hingga 50 juta saham di perusahaan ritel online dan layanan cloud tersebut selama satu tahun ke depan, menurut pengajuan perusahaan ke pihak Bursa AS pada hari Jumat.

Nilai keseluruhan dari penjualan saham tersebut ditaksir mencapai US$ 8,6 miliar atau setara Rp 133,3 triliun (asumsi kurs RP 15.500/US$) menggunakan harga saham Amazon saat ini yang dihargai US$171,8 per saham.

Rencana penjualan tersebut tunduk pada persyaratan tertentu, diadopsi pada 8 November tahun lalu dan akan selesai pada 31 Januari 2025, menurut laporan terbaru yang diajukan perusahaan.

Saham Amazon melonjak nyaris 8% pada hari Jumat setelah perusahaan e-commerce raksasa ini melaporkan penjualan yang lebih tinggi dari perkiraan untuk kuartal teranyar yang bertepatan dengan musim liburan. Selain itu, bisnis cloud yang menguntungkan juga ikut mendorong keuntungan dengan sejumlah fitur yang didukung AI menjadi ruang pertumbuhan baru.

Saham Amazon sendiri telah melonjak lebih dari 80% tahun lalu di tengah reli yang lebih luas pada saham-saham teknologi dan mengungguli indeks acuan S&P 500.

Bezos mendirikan Amazon untuk menjual buku pada tahun 1994. Ia mengundurkan diri sebagai CEO dan mengambil alih sebagai komisaris utama pada tahun 2021.

Saat ini dia adalah orang terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan bersih US$193,8 miliar (Rp 3.000 triliun), menurut Forbes Realtime Billionaire.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Terdepak ke Nomor 3, Jeff Bezos Tak Lagi Orang Terkaya Dunia

(fsd/fsd)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts