LPS Sorot Tabungan Rp 5 M Menyusut, Ini Penyebabnya


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan, tabungan dana nasabah orang kaya atau yang senilai Rp 5 miliar mengalami penurunan. Sementara, tabungan dana nasabah dengan nominal rendah mengalami peningkatan.

“Dari akhir tahun lalu sampai sekarang turun terus, akhir tahun lalu lalu 14-15% sekarang sampai 3,51%,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (30/1/2024).

Purbaya menduga, penurunan dana nasabah di atas Rp 5 miliar tersebut sebagian besar merupakan korporasi. “Dugaan kami ini korporasi. Kelihatannya. Kita juga takut apa ini tandanya mereka nggak punya duit,” ungkapnya.

Menurutnya, korporasi saat ini cenderung mengutamakan penggunaan dana internal terlebih dahulu dibandingkan mengambil kredit perbankan. “Mereka beralih pakai uang sendiri untuk usahanya dibandingkan pinjam di bank aplagi dolar. Jadi pertumbuhan yang sekarang di 3,51% di bawah rata-rata semua. Tapi belum tentu┬ámenandakan hal yang negatif,” sebutnya.

Adapun survei Bank Indonesia (BI) mendapati bahwa pembiayaan korporasi pada Desember 2023 terindikasi meningkat. Hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 18,4%, meningkat dibandingkan SBT 14,9% pada November 2023.

Namun begitu, mayoritas sumber pembiayaan korporasi masih berasal dari dana sendiri sebesar 68,1%. Jumlah itu bahkan meningkat dari bulan November yang sebesar 63,9%.

Menurut Survei BI, mayoritas alasan dari pemenuhan sumber pembiayaan itu karena kemudahan dan kecepatan perolehan dana (81,5%). Alasan selanjutnya adalah biaya (suku bunga yang lebih murah) sebelas 11,8%. Alasan tersebut meningkat dari sebulan sebelumnya yang hanya 11,2%.

Diikuti pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik sebesar 9,2%, dan pembiayaan dari perbankan dalam negeri sebesar 7,6% pada Desember 2023. Keduanya juga meningkat dibandingkan dengan sebulan sebelumnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Per Juli 2023, Perbankan RI Simpan Dana Nasabah Rp 8.106 T

(mkh/mkh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts