LRT Rampung, Adhi Bocorkan Mega Proyek Berikutnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten konstruksi milik BUMN, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) telah merampungkan pembangunan LRT Jabodebek pada hari ini (28/08)┬áseiring dengan┬áperesmian yang dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Read More

“Dengan tuntasnya LRT Jabodebek fase I ini, perseroan telah menyelesaikan penugasan pemerintah yaitu percepatan pembangunan LRT Jabodebek berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 dan perubahannya,” kata Direktur Utama ADHI Entus Asnawi M. dalam keterangan tertulis, Senin (28/8).

Ia melanjutkan, saat ini perseroan pun tengah mengerjakan dua megaproyek transportasi kereta api lainnya yaitu MRT Jakarta CP 201 senilai Rp 4 triliun dan CP 202 senilai Rp2,8 trilliun.

“Dan skala regional telah dipercaya membangun sarana kereta Kota Manila, Filipina dengan total nilai kontrak untuk porsi ADHI sebesar Rp 3,7 triliun,” sebutnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya menegaskan, LRT Jabodebek, ADHI dalam proyek LRT Jabodebek berperan dalam pembangunan jaringan kereta ringan sepanjang 44 km dengan terdiri dari 3 koridor, yaitu Harjamukti (Cibubur) – Cawang; Jatimulya (Bekasi Timur) – Cawang, dan Cawang – Dukuh Atas dengan total 18 stasiun.

Teknologi yang dipergunakan dalam struktur lintasan rel LRT Jabodebek dirancang dengan menggunakan U-shaped girder yang memiliki kelebihan mampu meredam kebisingan suara, menahan getaran gempa sehingga memiliki bentuk ramping untuk menjaga estetika lingkungan perkotaan.

LRT Jabodebek juga beroperasi tanpa masinis dengan menggunakan teknologi Grade of Automation (GoA) 3 yang dikendalikan melalui OCC atau Operation Control Center.

Lingkup pekerjaan ADHI meliputi pekerjaan struktur, railways system, persinyalan, serta stasiun dan depo.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kereta Cepat Jakarta Bandung Nyambung LRT, Kapan Selesai?

(mkh/mkh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts