Mantan Istri Jeff Bezos Buang Saham Amazon Rp164,29 T


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Mantan istri bos Amazon, MacKenzie Scott melepas 65,3 juta saham di Amazon.com Inc. tahun lalu, atau sekitar seperempat kepemilikannya di perusahaan tersebut. Hal itu tertera pada pengajuannya sebagaimana diwajibkan oleh aturan.

Mengutip Fortune, saham tersebut akan bernilai US$10,4 miliar atau sebesar Rp164,29 triliun pada harga penutupan hari Jumat lalu.

Setelah perceraiannya dengan bos Amazon Jeff Bezos pada tahun 2019, Scott memiliki sekitar 4% saham raksasa teknologi tersebut, yang saat itu bernilai sekitar US$37 miliar. Meskipun telah melepas sekitar setengah sahamnya selama lima tahun terakhir, Amazon masih menambah sebagian besar kekayaan bersihnya sebesar US$37,6 miliar.

Kekayaannya akan jauh lebih besar jika bukan karena kedermawanannya yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sejak berpisah dari Bezos, Scott telah menyumbangkan lebih dari US$16,5 miliar (Rp260,66 triliun) ke berbagai badan amal. Scott pun menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan jumlah amal terbesar.

Ia merilis daftar penerima di situs webnya, termasuk lebih dari 360 organisasi yang menerima total US$2,15 miliar (Rp33,96 triliun) pada tahun lalu.

Pada tahun 2019, Scott menandatangani Giving Pledge, sebuah janji tidak mengikat yang dibuat oleh para miliarder untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka.

“Selain aset apa pun yang telah dihimpun kehidupan dalam diri saya, saya memiliki jumlah uang yang tidak proporsional untuk dibagikan,” tulisnya dalam surat di situs Giving Pledge.

“Pendekatan saya terhadap filantropi akan terus dengan seksama. Ini akan membutuhkan waktu, usaha, dan perhatian. Tapi saya tidak akan menunggu. Dan saya akan terus melakukannya sampai brankasnya kosong.”

Scott tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar terhadap aksinya baru-baru ini.

Sementara itu, Bezos, yang memiliki kekayaan US$184,1 miliar (Rp2.908,35 triliun), belum menandatangani Giving Pledge. Tetapi ia mengatakan kepada CNN International pada tahun 2022 bahwa ia berencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


5 Wanita Terkaya di Dunia Terbaru, Nomor 1 Berharta Rp1.320 T

(ayh/ayh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts