Rogoh Rp400 T, Gibran Kasih Makan Siang Gratis Jika Terpilih


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 akan memberikan makan siang gratis pada masyarakat. Menurutnya, ini merupakan salah satu strategi pasangan calon (paslon) nomor urut 2 untuk meningkatkan infrastruktur sosial, utamanya soal pengentasan stunting. 

“Soal infrastruktur sosial, stunting itu lo pak, saya perjelas lagi, kita punya program makan siang gratis, banyak yang nyinyir, tapi kita punya makan siang gratis, tapi sekali lagi program makan siang ini investasi menuju Indonesia emas,” ujar Gibran, dalam Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023).

Bahkan, pihaknya sudah mematok anggaran Rp400 triliun untuk program makan siang gratis dan akan menjadi stimulan untuk Ibu-ibu warteg, warung, katering di daerah.

“Bayangkan Rp400 triliun mengucur ke daerah-daerah, semua ibu-ibu ikut masak makan siang buat anak-anak kita, itu yang saya maksud dengan infrastruktur sosial, program makan siang investasi ke depan untuk menuju Indonesia emas,” lanjut Gibran.

Seperti diketahui, Program Makan Siang Gratis di Sekolah dan daerah menjadi salah satu program andalan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka. Program tersebut diharapkan mendongkrak kualitas gizi anak sekolah, memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), hingga menggerakkan ekonomi nasional.

Masa kanak-kanak adalah periode emas dan terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan. Namun, masa tersebut juga rentan terhadap ancaman berbagai penyakit, seperti gizi buruk. Persoalan tersebut menjadi salah satu alasan maraknya program makan siang gratis di sekolah.

Sejumlah negara sudah menyelenggarakan program makan gratis untuk anak sekolah. Program yang kerap bernama lunch atau meal program for school sudah diimplementasikan di India, di sejumlah negara bagian Amerika Serikat, London(Inggris), Brasil, Estonia, Finlandia, dan beberapa negara Afrika.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Calon Kuat Cawapres Prabowo, Harta Gibran Rp 26 M

(ayh/ayh)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts