Sri Mulyani ‘Pasang Badan’, WSKT Rampungkan 103 Proyek

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Waskita Karya Tbk (WSKT) telah menyelesaikan 103 proyek berkat dukungan pemerintah. Ratusan proyek ini merupakan bagian dari 148 proyek hingga Oktober 2022 yang mendapat fasilitas kredit modal kerja dengan penjaminan pemerintah.

Read More

KMK tersebut merupakan fasilitas pendanaan dari perbankan untuk WSKT yang dijamin oleh pemerintah. Outstanding atau plafon fasilitas pinjaman ini sebesar Rp 8,07 triliun dan berifat revolving facilities.

“Dukungan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan
No.211/PMK.08/2020 ini sangat membantu perseroan dalam menyelesaikan pekerjaan proyek,” ujar Direktur WSKT Wiwi Suprihatno, Rabu (14/12/2022).

Beleid itu memungkinkan WSKT memperoleh tambahan modal kerja dalam rangka perolehan kas dari termin proyek. WSKT setidaknya telah melakukan 10 kali penarikan dengan total nilai Rp 10,8 triliun sejak November 2021.

Sementara itu, perusahaan juga telah melakukan pelunasan Rp 4,72 triliun. Sehingga, sisa utang WSKT sebesar Rp 6,08 triliun.

Sementara dari plafon sebesar Rp8,07 triliun, Perseroan masih memiliki sisa plafon sebesar Rp2 triliun. Adapun saat ini masih terdapat 45 proyek dengan pendanaan KMK yang masih dalam tahap
konstruksi.

Wiwi menambahkan, untuk mendukung pendanaan proyek baru serta penyelesaian proyek on-going saat ini, Perseroan akan mengajukan kembali fasilitas pendanaan KMK tahap 2 dengan Penjaminan
Pemerintah pada tahun depan dengan target proceed sebesar Rp1,7 triliun sehingga proyek – proyek tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan timeline yang telah ditentukan.

“Adanya dukungan dari Pemerintah tersebut tentunya sangat berdampak positif pada posisi topline¬†Perseroan yaitu dari segi akselerasi produksi pada proyek serta penyerapan Pendapatan Usaha
Perseroan,” tutup Wiwi.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


WSKT Catat Kontrak Baru Rp 11 T, Ada Rp 20 T Lagi yang Tender

(RCI/dhf)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts