Tugu Insurance (TUGU) Mau Bagi Special Dividend Tahun Depan


Read More

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten asuransi anak usaha Pertamina PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU) atau Tugu Insurance berencana untuk kembali membagikan dividen tahun depan dari laba tahun 2023. Direktur Keuangan dan Layanan Korporat TUGU Emil Hakim mengatakan pihaknya selaku perusahaan terbuka sangat memperhatikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

“[Pembagian dividen] ini juga menjadi agenda kami tahun depan. Kami juga akan tetap mengusulkan dividen untuk tetap dibagikan,” ujarnya acara public expose TUGU secara virtual, Senin (11/12/2023).

Emil menyampaikan bahwa terdapat perubahan dividen final karena TUGU akan melakukan pembayaran dividen interim untuk laba kuartal III-2023 pada pada 20 Desember 2023. Sisanya akan ditetapkan tahun depan usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPS).

Ia juga menyampaikan adanya kemungkinan pembagian special dividend.

“Kemudian juga, kemungkinan akan ada special dividend,” kata Emil.

Adapun dividen spesial biasanya lebih besar dibandingkan dengan dividen normal yang dibayarkan oleh perusahaan. Sering kali, dividen spesial ini berkaitan dengan peristiwa tertentu. Seperti penjualan aset, restrukturisasi perusahaan, spin-off, atau terobosan lainnya.

Sebelumnya, TUGU mengumumkan pembagian dividen interim sebesar Rp90,7 miliar pada 28 November 2023. Nilai tersebut setara dengan 8% dari perolehan laba bersih TUGU sepanjang 2023 dan setiap pemegang saham berhak mendapatkan dividen sebesar Rp25,51 per saham.

Secara historis dalam 4 tahun terakhir, TUGU tercatat tidak pernah absen dalam pembagian dividen, termasuk saat pandemi Covid-19 pada 2020-2022 lalu.

Dalam 4 tahun laporan keuangan atau 2019-2022, TUGU konsisten membagikan dividen dengan rasio pembayaran antara 30%-40% dari laba bersih.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Emiten Asuransi Pelat Merah Ini Paling Banyak Diserok Asing

(fsd/fsd)


Sumber: www.cnbcindonesia.com

Related posts